in

Wow! 2021 Ujian Nasional Dihapus

ujian nasional akan dihapus?

ujian nasional dihapus
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Siapa yang pernah memutuskan pacarnya dengan alasan ingin fokus ujian nasional? Sepertinya, habis ini kamu harus mencari alasan lain yang lebih jitu buat mutusin pacar karena pada 2021 ujian nasional dihapus.

Dikutip dari laman CNN Indonesia, Nadiem Makarim mengumumkan berita tersebut pada saat rapat koordinasi yang dilakukan bersama Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia yang diselenggarakan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan pada 11 Desember 2019.

Lalu, kalau ujian nasional (UN) dihapus, akan diganti dengan apa, dong? Nadiem selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sedang merencanakan sistem baru untuk menggantikan sistem UN yang disebut dengan Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter.

Tentunya penghapusan sistem UN bukan tanpa sebab. Penerapan UN terkadang menimbulkan berbagai masalah pada tiap tahun penyelenggaraannya. Seperti saat Tim Ngobrolin sekolah dulu, sistem kelulusan masih berpatokan pada besaran nilai UN. Akhirnya, membuat banyak siswa yang melakukan jalan pintas dengan membeli kunci jawaban.

Meskipun saat ini UN sudah tidak menjadi penentu kelulusan siswa, banyaknya rangkaian persiapan menghadapi UN juga membuat kondisi mental para siswa cenderung stres. Sebab, besaran nilai UN masih menjadi tolok ukur seberapa berhasilnya siswa dalam belajar.

Dalam sistem UN, para siswa hanya terfokus untuk menghafalkan seluruh materi yang akan keluar nanti pada secarik kertas soal. Padahal, dalam pembelajaran yang benar, siswa harusnya memahami dengan baik materi, bukan sekadar menghafalkan. Jika hanya sebatas menghafal, selesai ujian, materi yang telah diajarkan akan hilang tak berbekas.

Meskipun baru akan diberlakukan pada 2021, nyatanya pernyataan UN dihapus sudah menuai berbagai opini masyarakat. Banyak pihak yang mendukung untuk program penghapusan UN. Tentunya, kita sebagai warga Indonesia menanti kebijakan baru yang mampu membuat Indonesia lebih maju lagi.

 

aplikasi investasi

Berinvestasi Semakin Mudah dengan Aplikasi Investasi