in ,

Writer’s Block para Penulis, Kamu yang Mana?

Suka nulis tapi tiba-tiba pengen berhenti, jangan-jangan kamu kena writer’s block!

writer’s block
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Ada banyak kendala yang sering dihadapi para penulis, atau sering pula disebut sebagai writer’s block. Keadaan ini membuat seorang penulis merasa jengah dan sulit melanjutkan karyanya. Sebagai penulis, kamu pernah mengalami yang mana saja, guys?

Tidak ada waktu

Kesibukan jadi alasan utama seorang penulis tidak menyelesaikan karyanya. Mulai dari sekolah, bekerja, hingga segudang aktivitas lainnya jadi penghambat seseorang tidak melanjutkan tulisan yang ia buat. Apakah kamu salah satunya?

Tidak ada waktu luang untuk menulis sebenarnya sudah bisa diatasi dengan berbagai cara. Salah satunya adalah menulis menggunakan smartphone yang kini sangat mudah dilakukan. Kamu tak perlu lagi membawa laptop atau menulis langsung di komputer. Gunakan kecanggihan ponsel pintarmu untuk menulis dan menerbitkan karyamu saat ini juga!

Jenuh

Banyak waktu namun tak kunjung bisa menulis? Mungkin kamu hanya sedang jenuh dengan tulisanmu sendiri, guys. Hal ini wajar, kok. Terlebih jika kamu sedang menyelesaikan karya yang kamu buat dalam jangka waktu lama.

Cara mengatasi kejenuhan saat menulis bisa dilakukan dengan melakukan hobi lain. Jika kamu suka berolahraga, cobalah melakukan olahraga di waktu senggang seperti jogging atau bermain bola basket. Begitu pula jika kamu gemar berkebun atau bermain musik.

Kadang, ide baru dan segar justru bisa muncul jika kamu memperkaya kegiatanmu. Kamu pun akan mendapatkan inspirasi dan pastinya otak kembali dalam keadaan siap bekerja lebih keras lagi. Yuk, jangan lupa bersenang-senang.

Banyak ide, eh, terlalu banyak ide!

Saat sedang asyik menulis, pasti kamu pernah merasakan banyak ide bermunculan. Ide-ide tersebut bisa jadi lecutan semangat tersendiri bagimu. Kamu bisa bereksperimen dengan menciptakan tulisan-tulisan baru.

Sayangnya, terlalu banyak ide juga terkadang mengganggu. Kamu jadi tidak fokus dengan tulisan yang sudah kamu buat sebelumnya. Cara mengatasi hal ini bisa dengan menuliskan garis besarnya terlebih dahulu. Jika kamu menemukan ide baru, kamu bisa menulisnya di tempat terpisah dan kelak akan kamu lanjutkan sebagai proyek tersendiri.

May day! Harus apa lagi?

Tak hanya kebanjiran ide, seorang penulis juga acap kali diserang buntu ide. Writer’s block  yang satu ini sudah mendarah daging di kalangan penulis, terutama jika jam terbang yang dimiliki belum terlalu banyak.

Cara mengatasi buntu ide bisa dengan memperbanyak sumber. Mulai dari eksperimen, banyak membaca, hingga menyisipkan pengalaman pribadi bisa kamu lakukan. Psst… jangan lupa jalan-jalan, ya!

Paramore bubar

Kabar Paramore Bubar Kembali Santer Terdengar

aplikasi podcast

Belajar Asik dan Unik Lewat Podcast