in ,

Yahoo Groups Bakal Ditutup Desember 2020 Setelah Bertahan Selama 19 Tahun

salah satu sejarah di Internet

yahoo groups
foto: pixabay

Ngobrolin.id Yahoo Groups dikabarkan akan tutup permanen pada 15 Desember 2020, pengumuman ini sudah resmi dikeluarkan oleh pemilik Yahoo, yaitu Verizon. Pihaknya sudah mengirimkan email kepada para pengguna Yahoo Groups dan mengunggah pemberitahuan tersebut di laman Yahoo Groups.

Setelah ditutup permanen, pengguna sudah tidak bisa mengakses laman forum online Yahoo Groups. Yahoo Groups didirikan pada 2001 sehingga saat ini forum tersebut sudah berumur 19 tahun.

Pada awal kemunculannya, forum online ini sangat populer, banyak pengguna yang masih menggunakannya untuk berbagai macam aktivitas di dunia internet. Hanya saja setelah muncul beberapa forum online baru seperti Reddit, Google Group, dan Facebook, popularitas Yahoo perlahan-lahan mengalami penurunan. Sebab, banyak pengguna yang sudah mulai beralih ke forum online lain dan jumlah pengguna Yahoo pun semakin menurun.

Verizon membeli Yahoo pada 2017 dengan mengakusisinya seharga US$4,48 miliar.  Dan, kini Verizon dikabarkan tidak ada rencana untuk menghidupkan kembali forum tersebut. Sebenarnya, Verizon sudah mulai menghentikan forum tersebut secara bertahap sejak setahun yang lalu.

Verizon juga secara tiba-tiba menghentikan upaya pengguna yang ingin mengarsipkan diskusi lama di laman mereka. Seakan tidak mengizinkan para pengguna untuk mengarsipkannya.

Penutupan Yahoo disebabkan oleh terjadinya penurunan pengguna selama beberapa tahun terakhir. Pengumuman tersebut dipublikasi pada 12 Oktober 2020. Pihak Yahoo pun merekomendasikan kepada para penggunanya untuk beralih ke Grup Facebook, Google, atau Grup.io versi berbayar dari Yahoo.

Pengguna sudah tidak bisa membuat konten baru ke situs setelah 21 Oktober dan puncaknya akan dihapus secara permanen pada 15 Desember mendatang.

Keputusan tersebut juga berpengaruh terhadap email Yahoo. Pengguna juga tidak bisa menggunakan email yang dimiliki Yahoo setelah Yahoo Groups ditutup secara permanen. Oleh karena itu, sebelum email kamu gak bisa digunakan, sebaiknya segera beralih ke layanan lain.

Yahoo merupakan salah satu bagian sejarah dari internet yang menyimpan banyak memori. Laman Yahoo sudah muncul terlebih dahulu sebelum laman-laman lain yang kamu gunakan saat ini.

 

 

film hunger games

Prekuel Hunger Games Sedang Digarap!

warpat

Warpat, Tempat Nongkrong Favorit Anak Muda di Puncak