in ,

Yakin Masih Mau Memencet Jerawat?

jangan dipencet-pencet ya!

memencet jerawat
foto: Pexels

Ngobrolin.id — Jerawat merupakan masalah kulit yang bisa dialami oleh siapa saja, terutama remaja. Kemunculannya di wajah dapat membuat rasa percaya diri seseorang berkurang. Terkadang, ada saja orang yang tidak sabar dengan jerawatnya sehingga kerap memencet jerawat.

Kegiatan memencet jerawat dianggap cukup satisfying bagi sebagian orang, apalagi ketika jerawat sudah cukup matang. Tangan bisa semakin gatal ingin memencet apabila jerawat sudah besar, tapi tidak kunjung pecah-pecah.

Meskipun terlihat mengasyikkan, kegiatan memencet jerawat sudah harus kamu hentikan saat ini juga. Pasalnya, jerawat yang dipencet, digaruk, atau dipaksa keluar dapat membuat masalah baru setelah peradangan jerawat.

Memencet jerawat sendiri cukup rawan menyebabkan infeksi baru karena tangan yang kamu gunakan untuk memencet tidak bersih.

Jerawat yang habis dipencet akan berubah menjadi luka yang sangat sulit dihilangkan. Bukankah permasalahan jerawat yang paling nyebelin adalah bekas jerawat yang sulit untuk memudar? Nah, kalau bekas jerawat ingin cepat memudar, sebaiknya jangan memaksa jerawat untuk cepat meletus.

Terkadang, ada beberapa jenis jerawat yang mengalami peradangan cukup parah. Jika jenis jerawat tersebut dipencet, peradangan jerawat akan semakin buruk dan membuat jerawat tampak semakin lebih besar.

Bekas jerawat yang dipencet akan menimbulkan cekungan seperti bolongan di wajah. Bolong tersebut terjadi akibat kelenjar minyak di dalam kulit pecah. Oleh karena itu, bukan saja bekas luka biasa yang ditimbulkan dari jerawat yang dipencet, melainkan akan seperti berlubang. Bekas luka yang terlalu dalam atau masuk kategori parah akan sulit dihilangkan.

Bekas luka yang disebabkan oleh jerawat akan mengalami perubahan warna menjadi kehitaman. Memaksa jerawat cepat pecah juga bisa menyebabkan jerawat baru karena kondisi di kulit di area bekas jerawat tidak bersih.

Jerawat bisa sembuh secara alami tanpa memerlukan treatment dari luar. Jika ingin mengambil tindakan manipulasi pada jerawat, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kecantikan agar tindakan yang diambil tepat dan dengan cara yang aman.

 

 

jajanan jadul

Jajanan Jadul yang Masih Eksis Sampai Sekarang

Quora

Apa Itu Quora? Kenapa Namanya Tidak Sepopuler ASKfm?