in

Yang Mana Nih Tingkat Kematangan Steak Favoritmu?

Kamu suka rare yang masih merah menggoda atau welldone yang sudah matang merata?

tingkat kematangan steak
Foto: pexels

Ngobrolin.idApakah kamu suka makan steak? Makanan Western yang satu ini kini sudah banyak disajikan nggak cuma di restoran ternama. Steak dibuat dengan memanggang daging di atas bara api hingga mencapai tingkat kematangan steak yang diinginkan. Nah, berikut ini beberapa tingkat kematangan steak yang perlu kamu tahu.

Rare

Steak yang dimasak hingga kematangan rare memiliki tingkat kematangan yang paling tidak matang. Maksudnya, steak ini hanya matang di bagian luarnya. Bagian daging yang matang hanya berkisar 25 persen. Dagingnya pun masih menampakkan warna merah.

Suhu pembakaran yang mengenai bagian tengah daging hanya berkisar 48—50°C. Karenanya, daging ini masih bertekstur sangat lembut dan juicy, alias masih berair. Walaupun terkesan aneh, steak dengan tingkat kematangan rare sangat digemari oleh orang luar negeri, lho.

Medium rare

Steak medium rare punya julukan steak setengah matang. Hal ini karena memang kematangan daging yang dipanggang hanya berkisar 50 persen. Tekstur dagingnya pun masih juicy. Hanya daging bagian dalam yang berwarna merah.

Suhu daging bagian dalam steak medium rare ini berkisar antara 55—60°C. Steak jenis ini sangat digemari oleh orang Prancis. Biasanya, mereka memakan steak ini dengan paduan salad sayuran.

Medium

Kematangan daging yang dimasak menjadi steak matang medium ini berkisar 75 persen. Tingkat ini memungkinkan daging memiliki tekstur yang lebih padat. Suhu bagian dalam daging mencapai 60—65°C. Kebanyakan orang di dunia suka pada tingkat kematangan ini, lho. Warna dagingnya pun sudah kecokelatan.

Medium well

Jika dimasak lebih lama lagi, steak akan mencapai tingkat kematangan medium well. Steak ini sangat cocok untuk lidah orang Indonesia, lho, karena hampir mencapai kematangan yang sempurna. Tekstur dagingnya pun menjadi lebih berserat.

Jika diukur, suhu bagian dalam daging mencapai 65—69°C. Warna dagingnya sudah lebih cokelat dari medium, meskipun masih ada sedikit daging yang berwarna merah muda di bagian dalam.

Well done

Bisa dibilang, steak ini punya kematangan yang sempurna. Tekstur daging yang dihasilkan pada tingkat kematangan well done pun jadi lebih padat dan berserat. Hal ini karena lemak sudah terpanggang habis. Selain itu, suhu daging bagian dalam bisa mencapai 70—90°C.

 

 

makanan pemicu maag

Maag? Hindari Makanan Ini!

camilan sehat

6 Camilan Sehat Buat Kamu yang Lagi Diet