in

Yuk, Atasi Cemas Akibat Corona dengan Cara Mudah

hempaskan cemas agar tubuh tetap sehat

cemas akibat corona
foto: pexels

Ngobrolin.id — Tak dimungkiri, saat ini kita terus dibombardir rasa cemas di tengah wabah Covid-19 karena setiap harinya media berita menayangkan berita terbaru tentang perkembangan wabah. Kamu semakin khawatir dan mulai merasakan gejala-gejala yang sering disebutkan, yakni demam, sesak napas, batuk, dan sebagainya. Jika setiap kamu habis membaca berita tersebut langsung merasakan gejalanya, siapa tahu kamu hanya sedang cemas akibat corona.

Hal tersebut disampaikan oleh dr. Andri, Sp. KJ, F. ACLP, seorang spesialis kedokteran jiwa dari Omni Hospital yang dimuat pada akun Twitter pribadinya @mbahndi. Dokter Andri menjelaskan bahwa fenomena tersebut dinamakan dengan reaksi psikosomatik dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan kamu terlalu banyak menerima berbagai info tentang wabah ini. Seluruh info tersebut tersimpan di dalam memori sehingga menimbulkan kecemasan berlebihan.

Seluruh informasi tersebut disimpan dalam amygdala atau pusat rasa cemas sehingga membuat memori di dalam otak terus aktif bekerja. Kondisi amygdala yang terus bekerja berlebihan ini akan mengaktifkan sistem saraf otonom secara berlebihan. Hal tersebut menyebabkan diri kita ingin terus dalam kondisi bertarung atau siaga terus-menerus dengan perkembangan berita. Tanpa disadari, hal tersebut menyebabkan ketidakseimbangan sehingga timbul gejala psikosomatik.

Dokter Andri menyarankan kepada warganet yang sudah merasakan fenomena tersebut yang disebabkan cemas akibat Corona untuk membatasi mengakses informasi mengenai Covid-19. Gantilah dengan kegiatan yang membawa diri kamu lebih nyaman seperti hobi yang menyenangkan dan menyebarkan optimisme atau kalimat positif agar kita bisa melewati semua ini.

Waspada memang boleh, rasa waspada akan membuat kamu lebih berhati-hati dan terus mengikuti anjuran pemerintah serta ahli medis untuk melakukan beberapa hal guna menjaga kesehatan serta meminimalisir penularan. Namun, jika sudah sampai terlalu jauh seperti ini, kamu perlu menenangkan pikiran.

Jika gejala-gejala yang muncul tidak terlalu parah, seperti batuk atau sesak napas, coba tenangkan pikiran terlebih dahulu, istirahatkan tubuh, minum obat serta vitamin. Namun, jika rasanya sudah sangat mengganggu karena gejala yang muncul sudah terlalu parah, kamu bisa membawa diri ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Setelah melakukan beberapa pencegahan, kamu bisa mengisi waktu untuk melakukan hal berguna lainnya daripada terus memikirkan wabah Covid-19. Hal tersebut lebih berguna untuk menjaga kesehatan tubuh kamu agar tetap prima.

 

 

 

 

acara besar yang ditunda

Deretan Acara Besar yang Ditunda Akibat Virus Corona

membuat disinfefktan

Membuat Disinfektan dari Produk Rumah Tangga