in

Yuk, Atur Keuangan Biar Kamu Bisa ‘Say Good Bye to’ Akhir Bulan

Bisa jajan enak meskipun tanggal sudah tua

akhir bulan
foto: pexels

Ngobrolin.id Akhir bulan terkadang menjadi hari-hari yang kurang disukai karena kondisi dompet sudah menipis, padahal ada film yang baru rilis di bioskop. Rasanya bikin keki, ya. Namun, semua itu bisa jadi karena kesalahan kamu yang tidak bisa mengatur keuangan. Kamu harus mewaspadai beberapa hal yang akan membuat akhir bulan menjadi merana. Yuk, atur keuangan biar kamu bisa ‘say goodbye to’ akhir bulan!

Belanja tidak terarah seperti impulsif

akhir bulan
foto: pixabay

Saat kamu memiliki uang yang cukup banyak, kamu lebih susah menahan keinginan untuk berbelanja. Kamu merasa hal tersebut penting untuk diri kamu, padahal itu hanya berupa keinginan semata bukan kebutuhan. Memang, pada saat itu kamu tidak langsung merasakan akibatnya, tetapi nanti saat akhir bulan menjelang, baru deh kamu mulai ketar-ketir.

Sulit membedakan keinginan dan kebutuhan

Sebenarnya yang membuat pengeluaran kamu membengkak adalah keinginan yang tidak terbatas. Padahal, kebutuhan kamu sudah cukup terpenuhi. Cobalah belajar membedakan keinginan dan kebutuhan.

Segera buat daftar kebutuhan dan keinginan. Daftar kebutuhan merupakan barang atau kebutuhan yang harus segera dipenuhi, jika tidak dipenuhi akan memengaruhi aktivitasmu. Sementara, daftar keinginan merupakan kumpulan barang atau keinginan yang sifatnya tidak begitu penting untuk segera dipenuhi. Saat seluruh kebutuhan sudah terpenuhi, kamu bisa memenuhi satu persatu keinginanmu, tapi harus tetap bijak, ya.

Pengeluaran kecil yang tidak disadari

akhir bulan
foto: pixabay

Tiba-tiba ada teman yang ulang tahun atau undangan pernikahan. Mau tidak mau, kamu harus mengeluarkan uang untuk memberikannya hadiah. Pengeluaran kecil lainnya yang jarang disadari, tetapi sebenarnya bisa menguras dompet adalah bayar parkir. Terlihat sepele hanya beberapa ribu, tapi jika dikalikan sebulan pasti akan besar. Sebisa mungkin pengeluaran seperti itu kamu harus ingat dan dicatat.

Siapkan uang cadangan

akhir bulan
foto: pexels

Siapkan anggaran untuk dana tak terduga seperti untuk membeli hadiah atau hal lain yang tidak bisa kamu antisipasi seperti berobat. Pasalnya, jika kamu habiskan seluruh anggaran hanya untuk kebutuhan dan keinginan, anggaran bulanan menjadi mines saat kamu membeli hadiah.

Pengeluaran sehari-hari yang tidak jelas

foto: pexels

Pengeluaran sehari-hari yang tidak terarah akan membuat duit kamu menipis pada akhir bulan. Mulanya, awal bulan bisa makan di restoran ternama, lalu pada akhir bulan makan di warteg. Sebaiknya, buatlah anggaran pengeluaran sehari-hari agar tidak kalap saat awal bulan.

 

kelebihan telegram

Kelebihan Telegram Dibandingkan WhatsApp

film petualangan sherina

5 Hal yang Bikin Kangen dari Film Petualangan Sherina