in

Yuk, Batasi Penggunaan Smartphone dengan Cara-cara Ini

membatasi pengunaan smartphone
Foto: pexels

Ngobrolin.id — Kalau kamu ngerasa sudah memakai smartphone di luar batas kewajaran, mungkin sudah saatnya berhenti sejenak. Sayangnya, distraksi dari ponsel pintar ini emang ngeselin. Udah dicoba biar nggak ketergantungan, masih aja memakainya lagi dan lagi. Kali ini, Ngobrolin.id bakal kasih beberapa tips buat membatasi pengunaan smartphone.

Melakukan olahraga

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang harus kamu coba untuk mulai lakukan untuk menjauhkan diri dari gawai (gadget). Kamu bisa melakukan olahraga sederhana seperti joging, yoga, atau zumba. Kamu juga bisa bergabung dengan tim futsal atau basket.

Membaca buku

Ada banyak manfaat membaca buku. Selain menjadi hiburan dan menambah wawasan, membaca buku juga bisa menjauhkanmu dari smartphone.

Tips dari Ngobrolin.id agar bisa konsisten membaca buku adalah carilah buku yang menarik. Kamu bisa mulai dari membaca komik atau buku fiksi, nggak harus baca buku yang bertema berat dan sulit dicerna.

Menjadi aktivitis lingkungan

Kalau kamu suka kegiatan lingkungan, kayaknya jadi aktivis bisa jadi solusi. Kamu bisa mengisi akhir pekan dengan menanam pohon, membersihkan danau, atau aktivitas lingkungan lain yang menyenangkan. Dengan begitu, kamu bakal lupa dengan smartphone saking asiknya bergabung dengan teman-teman lain.

Ikut volunteer kegiatan

Mengajar, story telling, atau bakti sosial juga bisa kamu lakukan. Kegiatan-kegiatan tersebut umumnya dilakukan di akhir pekan. Daripada gabut dan berujung main ponsel seharian, nggak ada salahnya buat nyobain gabung jadi volunteer.

Bermain dengan hewan peliharaan

Punya hewan peliharaan juga bsia mengalihkan perhatianmu dari smartphone. Ponsel pintar itu bakal kalah seru dibanding bermain bersama binatang peliharaan. Kucing, anjing, sampai kura-kura bisa jadi teman bermain yang menyenangkan, lho, saat waktu luang.

Berkebun

Kalau kamu punya bibit tanaman, lahan, atau sekadar pot dan sedikit media tanam, kamu bisa mulai berkebun sederhana. Berkebun bisa menyalurkan emosi secara positif. Selain itu, hasilnya juga bisa kamu nikmati. Apalagi kalau kamu bertanam sayuran atau buah-buahan. Kesibukan itu bisa menjauhkanmu sejenak dari rutinitas memegang ponsel, lho.

ngemil sehat

Mau Ngemil Sehat? Kamu Mesti Coba 6 Camilan Ini

tidak dianjurkan sebagai MPASI

Makanan Ini Tidak Dianjurkan sebagai MPASI