in ,

Yuk, Biasakan Cara Makan Sehat Seperti Ini

Biasakan makan dengan cara yang baik dan benar, ya

cara makan sehat
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Tanpa kita sadari, cara makan ternyata sangat berpengaruh bagi tubuh, lho. Bila cara makan sehat kita terapkan, tubuh akan memperoleh nutrisi yang seharusnya didapatkan. Alih-alih bermanfaat, cara makan yang salah justru bisa membahayakan kesehatan. Lantas, bagaimana cara makan sehat yang harusnya diterapkan?

Kita cenderung mengonsumsi makanan berat dalam porsi tiga kali sehari. Biasanya, bila kita telanjur melewatkan satu kali momen makan, kita akan cenderung mengambil porsi lebih banyak saat makan berikutnya. Sebaiknya, hindari makan dalam porsi yang sangat besar dalam satu kali makan.

Jangan skip sarapan ya, guys. Sesibuk apa pun kegiatanmu, selalu luangkan waktu untuk mengonsumsi sarapan di pagi hari. Tanpa sarapan, kamu akan lebih rentan mengonsumsi lebih banyak camilan. Akibatnya, kalori yang masuk ke tubuh pun menjadi lebih banyak.

Sebaliknya, hindari mengonsumsi makanan di malam hari. Lapar di malam hari adalah hal biasa, tak apa untuk mengobati rasa lapar itu satu atau dua kali. Namun, jika dilakukan terus-menerus, cheating camilan di malam hari dapat meningkatkan risiko meningkatnya berat badan dengan drastis, lho!

Nggak cuma di malam hari, sebenarnya terus-menerus ‘memamah’ camilan juga bukan cara makan sehat yang dianjurkan. Terlebih bila makanan yang dikonsumsi adalah junk food atau camilan lain dengan kandungan gizi rendah.

Sebagai solusi, cobalah beralih ke makanan sehat seperti buah dan sayur sebagai camilan. Kurangi asupan gula, garam, dan lemak berlebih yang banyak terdapat pada makanan cepat saji dan siap saji. Kedengarannya sulit, bukan berarti mustahil untuk dilakukan, kok!

Selain itu, cara makan yang sehat juga bisa dilakukan dengan tidak menelan makanan dengan terburu-buru. Makan dengan terburu-buru akan membuat otak merespons lebih lambat sinyal ‘kenyang’ yang dikirimkan tubuh. Sering kali kita justru makan dalam jumlah yang terlalu banyak.

Lagi pula, bukankah sebaiknya kita menikmati makanan yang kita konsumsi? Makan dan mengunyah dengan perlahan dapat membantu meningkatkan kenikmatan saat makan. Selain itu, kita juga bisa memastikan makanan telah dikunyah dengan baik sehingga membantu proses pencernaan selanjutnya di dalam lambung dan usus.

film musikal terbaik

Deretan Film-film Musikal Terbaik Versi Tim Ngobrolin

camilan antistres

Ragam Makanan Camilan Antistres