in

Yuk, Bikin Sendiri Teh Talua, Minuman Khas Sumatera Barat

resep teh talua
Foto: instagram lapaumuamalah

Ngobrolin.idKuliner Sumatera Barat (Sumbar) memang selalu menggoda. Mulai dari makanannya yang kaya akan rempah, sampai minumannya yang tak kalah menggugah selera. Salah satunya adalah teh talua, minuman khas Sumbar yang terbuat dari teh. Kamu juga bisa membuatnya sendiri lho pakai resep teh talua ini.

Dari namanya, teh talua memang terbuat dari minuman seduhan daun teh. Meskipun demikian, berbagai tambahan lain bikin minuman yang satu ini jadi makin kaya rasa. Kalau kamu mau membuat satu cangkir teh talua, kamu membutuhkan bahan-bahan berikut ini.

  • 1 butir telur ayam kampung atau telur bebek
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 saset susu kental manis merek apa saja
  • ½ sendok teh cokelat bubuk
  • 1 gelas air
  • 3 sendok teh serbuk
  • 2 cm jahe yang sudah digeprek. Jika kamu kurang suka rasa dan aroma jahe, kamu bisa tidak menggunakan bahan ini.
  • Sedikit perasan air jeruk nipis untuk menambah rasa segar

Cara membuat minuman ini sebagai berikut. Pertama, kocok kuning telur, gula, dan susu kental manis bersama dengan cokelat bubuk. Campurkan semua bahan tersebut sampai sedikit mengembang. Agar lebih cepat, kamu bisa pakai mixer.

Panaskan air hingga mendidih. Masukkan teh serbuk dan jahe geprek. Didihkan lagi sampai air berubah menjadi kecokelatan. Setelah kembali mendidih, saring teh ke dalam gelas yang sudah berisi kocokan kuning telur, gula, susu, dan cokelat.

Aduk campuran tersebut dan beri perasan jeruk nipis. Teh talua yang khas dan lezat siap disajikan.

Teh ini memiliki penampakan berwarna cokelat dan pekat. Begitu juga dengan tekstur teh talua yang kental dan legit. Rasa teh bercampur dengan manisnya susu, dipadu dengan gurih kuning telur bikin minuman ini terasa istimewa.

Teh talua dipercaya masyarakat Minangkabau bisa menghangatkan suhu tubuh. Bisa dibilang, warga setempat yang tinggal di dataran tinggi pasti membutuhkan asupan yang bisa membuat tubuh jadi lebih hangat, dong.

Teh talua juga bisa meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Tentu hal ini tidak terlepas dari bahan utama minuman ini yang terbuat dari kuning telur, gula, susuk kental manis, dan jahe. Tak heran jika minuman ini dimanfaatkan masyarakat setempat sebagai penambah energi. Terutama, bagi mereka yang bekerja sebagai nelayan dan petani yang pastinya butuh banyak tenaga.

cara mengobati batuk pilek

Obati Batuk Pilek dengan Cara Ini

makanan khas Filipina

Ke Filipina? Jangan Lewatkan 6 Makanan Ini