in

Yuk, Cari Tahu Berbagai Genre Musik Populer

berbagai genre musik
Foto: pexels

Ngobrolin.id — Musik sudah jadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Berbagai perhelatan dan perayaan kurang lengkap tanpa ada musik. Termasuk momen-momen pribadi sekalipun. Perjalanan berbagai genre musik pun pasang dan surut, termasuk musik pop atau musik populer.

Musik populer sendiri merupakan jenis musik yang banyak digemari orang pada umumnya. Seperti namanya, musik populer merupakan musik yang sedang tren di suatu kalangan. Ciri musik populer adalah sangat sesuai dengan perkembangan zaman.

Berbagai genre musik populer ada di seluruh penjuru dunia. Terlebih, jenis musik ini banyak diterima masyarakat secara luas. Jenis berbagai musik populer ada banyak. Yuk, kita simak informasi lengkapnya.

Jazz

Musik jazz adalah gabungan dari beberapa jenis musik seperti blues, ragtime, dan musik Eropa. Genre musik jazz sendiri memiliki beberapa subgenre. Sebut saja dixieland, swing, bebop, cool jazz, free jazz, jazz fushion, smooth jazz, hard bop, sampai cafjazz.

Gospel

Musik ini didominasi oleh vokal bertemakan agama kristen. Lagu genre musik gospel sedikit mirip dengan musik rock n roll. Saat ini, pengertian musik gospel telah meluas menjadi genre musik rohani.

Blues

Musik blues berasal dari Afro-Amerika yang berkembang dari Afrika Barat. Jenis musik ini memengaruhi banyak genre musik pop saat ini. Ragtime, jazz, big band, rhythm and blues, rock and roll, country, dan musik pop banyak mendapat pengaruh dari blues.

Rhythm and blues

Genre musik ini sering disingkat sebagai RnB. Musik genre ini juga berasal dari Afro-Amerika dan merupakan musik tradisional yang mulai berkembang pada 1940 hingga 1960. Julukan musik ini merupakan musik populer yang bukan bagian dari genre jazz ataupun blues.

Funk

Funk merupakan genre musik yang jadi musik tarian masyarakat Afrika-Amerika. Keunikan genre ini adalah ritme yang terpotong singkat, dan ritme gitar yang tajam. Genre funk mendapat pengaruh yang kuat dari genre jazz, serta memiliki irama yang dipengaruhi musik Afrika. Ada kesan gembira ketika mendengarkan musik funk.

Rock

Hampir semua musik pop awal 1950-an berkembang menjadi psychedelic rock, kemudian menjadi progressive rock. Mulai 1980-an, musik rock berkembang menjadi metal. Genre musik metal berkembang lebih besar. Musik rock sendiri memiliki beberapa aliran, salah satunya british rock dan underground.

Metal hardcore

Genre musik metal digambarkan memiliki musik yang lebih keras daripada rock. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan lagu metal juga terkesan berirama lambat. Beberapa jenis vokal yang biasa digunakan oleh musik metal antara lain scream, growl, dan pigsqueal.

Electronic

Genre musik ini termasuk baru dibanding yang lain. Genre electronic mulai berkembang sejak ditemukannya synthesizer.

Ska, raggae, dub

Musik ska, muncul dari perpaduan RnB dan musik tradisional mento dari Jamaika. Sementara, genre ska sendiri berkembang menjadi reggae dan dub.

Hip hop/rap/rapcore

Hip hop dianggap sebagai salah satu dari subgenre RnB. Jika musik hip hop digabung dengan musik heavy metal, akan menghasilkan genre rapcore.

 

alien dalam film

Mengemas Sosok Alien dalam Film

gnocchi saus tomat

Buat Sendiri Gnocchi Saus Tomat di Rumah