in

Yuk, Coba Minuman Ini Untuk Sajian Lebaran

minuman Lebaran
Foto: pexels

Ngobrolin.id — Momen Lebaran identik dengan silaturahmi. Saling berkunjung satu sama lain jadi agenda yang menyenangkan. Dari satu rumah ke rumah lain, pasti sudah disajikan berbagai hidangan agar tamu betah berkunjung. Bosan dengan menu itu-itu saja? Yuk, coba menu minuman Lebaran yang kamu bisa bikin sendiri.

Es timun

minuman Lebaran
Foto: instagram belajarmasak333

Akrab dijadikan santapan berbuka, menyajikan es timun dalam suasana Lebaran juga nggak kalah menarik, lho. Es timun yang segar bisa mengurangi dahaga para tamu yang seharian sibuk bersilaturahmi ke berbagai lokasi.

Resep es timun ala tim Ngobrolin.id cukup mudah. Bahan-bahan yang kamu butuhkan adalah timun, sirup melon, es batu, air, gula sesuai selera, dan lemon. Cara membuatnya adalah dengan memarut timun hingga halus. Timun kemudian diberi campuran air, gula, dan sirup melon. Tak lupa bubuhkan es batu dan perasan lemon agar lebih segar.

Jus buah

minuman Lebaran
Foto: pixabay

Minuman yang satu ini memang sehat dan menyegarkan. Kamu pun bisa memilih buah yang kamu sukai untuk diolah jadi minuman jus buah. Cara membuatnya juga sangat sederhana. Pertama, siapkan bahan berupa buah yang kamu pilih. Tim Ngobrolin.id merekomendasikan beberapa buah seperti buah naga, mangga, melon, semangka, dan stroberi untuk kamu olah menjadi jus.

Blender buah tersebut dengan diberi tambahan air dan gula. Atur tingkat kekentalan dan kemanisan sesuai selera. Agar lebih segar, tambahkan es batu dan sajikan dalam keadaan dingin. Jus buah cocok banget buat mengembalikan energi yang terkuras untuk berkeliling ke rumah saudara.

Es jeli selasih

minuman Lebaran
Foto: pixabay

Pengen yang segar tapi nggak ribet? Es jeli selasih adalah jawabannya. Paduan biji selasih dan jeli yang manis serta es sirup yang menyegarkan bikin energi kembali terkumpul. Kamu pun bisa membuatnya sendiri karena caranya sangat mudah.

Pertama, buat dulu jeli dari jeli instan yang banyak dijual di toko dan minimarket. Potong dadu kecil-kecil jeli tersebut. Kemudian, rendam biji selasih dengan air hingga mengembang. Sajikan jeli dan selasih dalam gelas. Beri campuran air dan sirup, kemudian tambahkan es batu. Es jeli selasih siap dihidangkan.

Wedang secang

minuman Lebaran
Foto: instagram nanangarendra

Minuman ini cocok dinikmati jika kamu nggak suka minuman dingin. Cara membuatnya pun sangat mudah dan bisa dibuat dalam jumlah banyak sekaligus. Pertama, siapkan bahan-bahan berupa kayu secang, jahe yang sudah digeprek, gula pasir, dan air panas.

Seduh kayu secang dan jahe dengan gula pasir dan air panas. Pastikan warnanya sudah kemerahan. Saring larutan hingga rempah-rempah terpisah dari airnya. Wedang secang pun siap disajikan. Selain unik, minuman ini juga kaya manfaat kesehatan, lho.

 

Tunjangan hari raya

THR Sudah Turun? Yuk, Manfaatkan dengan Bijak

obat-obatan mudik

Penting! Bawa Obat Ini Selama Perjalanan Mudik