in

Yuk Intip Rahasia dan Tips Memilih Melon

Dipilih, dipilih~

tips memilih melon
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Banyaknya penjaja buah melon di pinggir jalan bisa menggoda iman. Terbayang buah melon yang manis dan segar, ternyata tidak semua melon memiliki kualitas yang baik, lho. Yuk, cari tahu tips memilih melon sebelum memutuskan membeli buah yang satu ini.

Buah melon memasuki masa panen pada musim kemarau. Banyaknya hasil panen membuat para penjual menjajakan buah melon dengan berbagai cara. Mulai dari toko buah sampai pedagang pinggir jalan, aneka melon menggoda siap membuatmu merogoh kocek.

Agar tidak rugi, tips memilih melon pertama yang harus kamu terapkan adalah memilih melon yang sudah matang. Pilih melon yang berbentuk bundar. Di bagian permukaannya, carilah melon yang tidak memar dan tidak retak. Melon yang sudah matang dan segar akan tercium aroma harum khas buah melon.

Hindari memilih melon yang masih tersambung dengan tangkai buah melon. Tangkai ini umumnya akan lepas ketika melon sudah matang. Jika belum, dikhawatirkan melon yang kamu pilih sebenarnya belum siap panen. Di bagian ujung tangkai melon biasanya akan terdapat tanda pemotongan paksa bila melon tersebut benar-benar belum matang.

Pilih melon yang tampak matang ketika sudah dipanen, bukan ditunggu hingga matang setelah dipanen dalam keadaan masih muda. Melon memang akan mengalami pelunakan jika diberikan perlakuan ini. Namun, rasa melon tetap akan lebih manis yang langsung matang dari tanamannya langsung.

Kandungan gula pada melon akan meningkat seiring kematangan melon. Oleh karena itu, rasanya pun akan manis dan lezat. Selain dari segi rasa, melon yang benar-benar matang juga memiliki kandungan anti-oksidan yang tinggi. Namun, melon yang sudah kelewat matang akan mengalami penurunan kadar anti-oksidan ini.

Melon segar bisa tahan 2—4 hari di udara terbuka. Jika disimpan di lemari pendingin, buah ini akan tahan 5—10 hari. Melon potong umumnya hanya bisa bertahan 2—3 hari, meskipun dalam pendingin. Oleh karena itu, bila kamu mau menyimpannya, pilihlah melon yang belum dibuka kulitnya.

Jika kamu hendak membeli melon hanya separuh, pilihlah melon yang masih terdapat biji di dalamnya. Melon yang sudah dibuang bijinya akan lebih cepat kering dan layu ketika disimpan di dalam kulkas.

Selamat berbelanja!

olahan buah melon

Olahan Melon yang Harus Kamu Coba

jadwal konser dan fan meeting artis Korea

Jadwal Konser dan Fan Meeting Artis Korea Semester Kedua 2019 di Jakarta