in

Yuk, Intip Tips Sukses Sebelum Usia 30 Tahun

tips sukses sebelum usia 30 tahun
Foto: Shutterstock

Ngobrolin.id — Sukses di usia muda mungkin jadi hal yang dipandang sulit oleh kebanyakan orang. Malah, kebanyakan anak muda biasanya tidak terlalu memikirkan masalah keuangan, mereka pun tidak matang secara finansial. Namun, tak jarang juga yang ingin kariernya sukses sebelum menginjak usia 30-an. Nggak salah sih, sebab ada tips sukses sebelum usia 30 tahun yang mesti kamu simak.

tips sukses sebelum usia 30 tahun
Foto: Shutterstock
  1. Menabung demi investasi

Menabung memang sangat penting. Selain untuk dana di masa depan, tabungan yang kamu miliki juga bisa digunakan untuk keperluan dana darurat. Tapi, menabung untuk investasi juga sama pentingnya, lho. Jangan menunda-nunda untuk berinvestasi, lakukan sesegera mungkin mulai saat ini. Investasi yang kamu miliki akan sangat bermanfaat untuk membantu memenuhi berbagai kebutuhan di masa depan.

  1. Jangan sungkan meminta bantuan

Cara sukses di usia muda berikutnya, yaitu jangan malu untuk meminta bantuan. Kamu tidak bisa menangani sebuah bisnis sendirian. Semakin besar bisnis yang dirintis, semakin banyak tanggung jawab yang harus kamu lakukan.

Ketika sudah tidak bisa menyelesaikannya sendirian, cara mudah untuk mengatasinya, yaitu mencari bantuan dari orang lain untuk membantu menjalani bisnismu atau bisa datang pada konsultan bisnis sebagai mentor bisnis yang kamu jalani.

  1. Jadilah penentu bukan penunda keputusan

Menjadi sukses di usia muda akan susah dilakukan jika kamu masih bergantung pada keputusan orang lain. Jangan pernah menunda apa pun, jika kamu menunda sesuatu yang berhubungan dengan bisnis yang sedang dirintis, itu akan sangat berpengaruh. Daripada menghabiskan waktu menunda, lebih baik kita sendirilah yang menjadi penentu keputusan.

  1. Jangan show off sendiri

Show off sendiri diartikan sebagai pamer dan mempertunjukkan sesuatu yang sebenarnya tidak dimiliki. Sementara, show up adalah kamu justru memamerkan suatu karya atau prestasi yang kamu ciptakan. Tetapi, semua itu tergantung pada kemampuan dari seseorang. Jangan pernah memamerkan sesuatu yang belum tentu kamu miliki. Padahal, yang kita perlukan adalah kemampuan atau kapabilitas yang dimiliki.

  1. Tahu kapan harus mengambil risiko

Kegagalan adalah pintu kesuksesan. Menjalankan suatu bisnis bukan berarti tidak pernah gagal, malahan berkali-kali bangkit dari kegagalan membuat mental Anda makin teruji. Kalau kamu ingin menjadi sukses di usia muda, yang harus dilakukan, yaitu meruntuhkan tembok pembatas.

Artinya, kamu harus berani mengambil risiko untuk meraih target yang lebih tinggi. Orang yang berani mengambil risiko dengan perhitungan adalah orang yang percaya diri. Percaya diri adalah kunci sukses untukmu, lho.

  1. Fokus dan punya integritas

Sukses di usia muda yang berikutnya, yaitu kamu harus fokus dan mengedepankan integritas atas apa yang dikerjakan. Ini merupakan hal yang paling mendasar untuk menunjang sukses di usia muda. Untuk meraih kesuksesan, tentu dengan kerja keras dan telaten dalam menjalankan bisnis yang sedang dirintis.

  1. Berinvestasi untuk mengembangkan kemampuan diri

Selain berinvestasi pada harta, kamu juga bisa berinvestasi pada kapasitas sebagai manusia. Cara yang bisa kamu lakukan untuk berinvestasi mengembangkan kemampuan diri, yaitu dengan “me time” membaca dan berkontemplasi. Dengan membaca, kamu bisa memperkaya ilmu dan pengetahuan sebanyak mungkin. Miliarder, Warren Buffet meluangkan 80 persen waktunya untuk membaca, lho!

biaya pembuatan game

Biaya Pembuatan Game Ini Paling Mahal di Dunia, Apa Saja?

jam tangan berbahan karbon

Jam Tangan Berbahan Karbon, Gak Gampang Rusak?