in

Yuk, Kenalan dengan Fotografer Indonesia Kelas Dunia

Penasaran siapa saja fotografer Indonesia kelas dunia itu?

fotografer Indonesia kelas dunia
Foto: pexels

Ngobrolin.id — Seiring berjalannya waktu, seni fotografi juga semakin dikenal di penjuru dunia. Tak terkecuali dengan Indonesia. Kita bahkan punya fotografer yang karyanya sudah mendunia, lho. Penasaran siapa saja fotografer Indonesia kelas dunia itu?

Darwis Triadi

Pria ini memiliki nama lengkap Andreas Darwis Triadi. Ia adalah seorang fotografer kelahiran Solo, 15 Oktober 1954. Karier fotografernya bermula pada 1979 dan terus dikenal hingga kini.

Pada 1990, karyanya tampil di majalah internasional Hasselblad. Ia juga pernah mempresentasikan slide andalannya dalam acara Photo Kina International Competition. Acara tersebut berlangsung di Kohn, Jerman. Acara tersebut digelar dalam rangka Hasselblad International Annuals.

Setahun kemudian, majalah populer dunia Vogue menampilkan karyanya pada artikel spesial tentang Indonesia. Bron Elektronik AG dari Swiss juga pernah memilih karya Darwis Triadi untuk mengisi kalender 1997.

Arbain Rambey

Sosok ini lahir pada 2 Juli 1961 dan sudah sejak lama menggeluti bidang fotografi. Selain fotografer, Arbain Rambey juga merupakan jurnalis. Ia pernah menjabat sebagai redaktur foto di harian Kompas.

Salah satu karyanya berjudul Mist of Time terbit di London, Inggris, dan diterbitkan oleh Waterous and Co. Ia juga menjadi dosen fotografi di berbagai universitas.

Karyanya tak hanya dipamerkan di Indonesia, tapi juga luar negeri. Salah satunya pada 2005 ia pernah membuat pameran foto bersama di Melbourne, Australia. Ia juga pernah melakukan pameran tunggal di Kuwait City.

Jimmy Iskandar

Jimmy Iskandar meneruskan karier keluarganya yang bergerak di bidang fotografi, Tarzan Photo. Dalam kurun waktu lima tahun sejak debutnya di bidang fotografi, Jimmy langsung melambungkan namanya.

Ia merupakan salah satu fotografer yang melewati tiga zaman, yaitu zaman foto hitam putih, foto berwarna, hingga era digital. Bersamanya, Tarzan Photo juga berhasil menjadi pemotret lima foto presiden Indonesia. Ia juga menjadi fotografer dalam Konferensi Asia Afrika 2005.

Stanley Allan

Namanya terkenal sebagai salah satu fotografer wedding ternama. Stanley Allan merupakan lulusan Lasalle College Jakarta. Sejak 1997, kariernya di bidang fotografi semakin meningkat.

Beberapa karyanya telah dimuat di media ternama seperti Harpers Bazaar, ELLE, Cosmopolitan, Esquire, Marie Claire, Amica, dan Dewi Magazine.

Nicoline Patricia Malina

Kali ini, sosok fotografer Indonesia adalah seorang perempuan berparas ayu. Nicoline merupakan juara Iconique Societas Excellence in Photography Award 2007. Ia juga merupakan fotografer fesyen terkenal di Indonesia.

 

menu pendamping ketupat

10 Menu Pendamping Ketupat Saat Lebaran, Mana Favoritmu?

aplikasi kamera terbaik untuk iPhone

5 Aplikasi Kamera Terbaik untuk iPhone, Bikin Kamu Jadi Fotografer!