in

Yuk Kenalan Sama Pendiri Komunitas Stand Up Indo

pendiri komunitas Stand Up Indo
Foto: instagram

Ngobrolin.id — Jika dibandingkan dengan bentuk komedi lain yang sudah sejak dulu dikenal, stand up comedy agaknya masih tergolong baru. Perjalanan para komika dalam mencari panggung pun tidaklah mudah karena stand up comedy pada mulanya belum banyak dikenal. Tapi, kelima orang ini akhirnya memutuskan menjadi pendiri komunitas Stand Up Indo. Siapa mereka?

Ernest Prakasa

Pria yang satu ini bisa dibilang merupakan salah satu dedengkot stand up comedy di Indonesia. Kariernya sebagai komika, sebutan untuk pelaku komedi tunggal, melambung sejak menjadi juara tiga dalam acara Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) musim pertama.

Ia menjadi pendiri komunitas pelawak tunggal pertama di Indonesia. Kini, komunitas yang memiliki slogan Viva La Komtung atau panjang umur komedi tunggal ini sudah memiliki banyak subkomunitas yang tersebar di berbagai daerah.

Sebagai pendiri, Ernest menjadi ketua pertama di Komunitas Stand Up Indo. Ia memangku jabatan tersebut sejak didirikannya komunitas, yaitu pada 13 Juli 2011 hingga Juni 2013. Ia pula-lah yang berinisiatif untuk menyiarkan penampilan Ryan dan Radit melalui akun YouTube, hingga kini stand up comedy semakin dikenal luas di Indonesia.

Ryan Adriandhy

Kedekatan Ryan dan Ernest bermula saat keduanya sama-sama menjadi peserta kompetisi SUCI. Ryan Adriandhy pun memenangkan juara pertama dari acara yang disiarkan oleh KompasTV tersebut.

Ryan dan Ernest sering berdiskusi mengenai wadah untuk berlatih menjadi komika, yang saat itu belum banyak di Indonesia. Antusiasme untuk belajar stand up comedy sangat tinggi. Namun sayangnya, wadah yang diperlukan belum ada.

Di tengah perjalanannya di dunia hiburan, Ryan akhirnya memutuskan untuk menempuh pendidikan lanjutan sebagai ilustrator di Amerika. Namun, ia tetap dikenal sebagai komika dengan teknik act out paling mumpuni di Indonesia.

Pandji Pragiwaksono

Sosok komika yang juga merupakan rapper ini dilibatkan oleh Isman untuk membuat komunitas. Pandji sendiri sudah lama berkiprah di dunia hiburan. Di acara SUCI, ia didaulat menjadi host pada musim pertama hingga keenam. Sementara, dua musim terakhir, Pandji diangkat menjadi juri di acara tersebut.

Raditya Dika

Memiliki basis massa yang kuat dari buku-buku komedinya, Raditya Dika menjadi sosok yang diajak juga oleh Isman untuk mendirikan Komunitas Stand Up Indo. Radit sendiri sangat bersemangat dan melakukan komedi tunggal dalam penampilan perdana mereka pada 13 Juli 2011 di Comedy Café.

Rekaman komedi tunggal Radit kemudian diunggah oleh Ernest. Sambutan hangat masyarakat akan keberadaan stand up comedy pun semakin terbuka lebar. Raditya Dika pernah menjadi host dan juri di SUCI. Selain itu, ia juga pernah menjadi juri pada kompetisi Stand Up Comedy Academy yang diadakan Indosiar.

Isman H. Suryaman

Nama Isman H. Suryaman memang tak semegah nama keempat pendiri komunitas. Namun Isman sudah berkarier di dunia stand up comedy bahkan sejak komunitas dan kompetisinya diadakan.

Isman pun sering melakukan open mic, terutama ketika geliat komedi tunggal semakin tumbuh pada 2010. Perkenalannya dengan banyak komika membawanya menjadi salah satu pendiri komunitas yang melahirkan banyak komika berbakat.

déjà rêvé

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Beda Déjà Rêvé dan Déjà vu

kesalahan saat menjemur pakaian

Kesalahan Saat Menjemur Pakaian Ini Jarang Disadari