in

Yuk, Kenali Jenis Cat untuk Melukis

jenis cat untuk melukis
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Kalau kamu suka melukis, pasti udah familiar sama berbagai jenis cat untuk melukis. Jenis cat yang beragam ini ternyata punya fungsi yang berbeda-beda, lho. Begitu pula cara pengaplikasiannya untuk lukisan. Yuk, kenali jenis cat untuk melukis!

Cat akrilik

jenis cat untuk melukis
Foto: pixabay

Jenis cat yang satu ini dikenal gampang banget mengering. Oleh karena itu, kamu perlu mencampurnya dengan sedikit air agar cat bisa digunakan. Tidak hanya itu, kamu pun perlu menggunakan palet khusus, yaitu jenis palet stay wet. Palet jenis ini lebih lembap dan tetap basah sehingga cat akrilik tidak mudah kering.

Jika tidak punya jenis palet tersebut, kamu bisa menggunakannya dengan menyemprotkan air pada lukisan atau palet biasa. Masih berhubungan dengan sifatnya yang gampang kering, saat mencampurnya pun kamu harus segera menggunakannya.

Dengan karakter cat yang seperti ini, cat akrilik cocok digunakan untuk melukis di atas permukaan yang tidak licin, berminyak, atau terlalu berpori. Kamu bisa bereksperimen dengan membuat lapisan cat berulang kali untuk membuat efek tebal.

Cat air

jenis cat untuk melukis
Foto: pixabay

Pernah melukis dengan cat air? Cat ini termasuk yang paling sering digunakan. Selain harganya yang relatif lebih murah, cat air juga lebih banyak dijual di toko alat tulis. Ketika digunakan, cat air harus ditambahkan sedikit air.

Sebelum menggunakan cat air, kamu perlu menyiapkan wadah terpisah berisi air. Wadah ini berfungsi untuk mencuci kuas ketika selesai digunakan dan untuk mencampurkan cat baru lagi.

Jangan lupa untuk mengganti air dalam wadah secara berkala. Ini penting karena jika sudah terlalu keruh, warnanya akan memengaruhi hasil akhir karya yang kamu buat.

Berbeda dengan cat akrilik yang sangat mudah kering, cat air butuh waktu agak lama untuk proses pengeringan. Oleh karena itu, jangan gosok suatu bagian secara berlebihan, ya. Jangan pula menyentuh permukaannya ketika proses pengeringan.

Cat minyak

jenis cat untuk melukis
Foto: pixabay

Jika cat akrilik dan cat air cukup dicampur dengan air, cat minyak harus dicampur dengan minyak khusus sebelum digunakan. Selain itu, kamu juga perlu pelapis khusus di atas permukaan bidang yang akan kamu cat, namanya cat gesso.

Cara melukis dengan cat minyak ini cukup mudah, lho. Pertama, siapkan kuas yang akan digunakan. Pastikan kamu punya kuas yang berbeda untuk cat minyak dan cat gesso, ya. Jangan dicampur. Untuk mencampur warnanya, sebaiknya jangan gunakan kuas, guys. Kamu bisa gunakan pisau palet saja.

Untuk mendapatkan tesktur cat yang lebih kental, kamu bisa mencampur cat minyak dengan minyak biji rami. Aroma cat minyak pun khas dan cukup tajam. Jika tidak ingin terlalu lama menghirup aroma ini, sebaiknya lakukan kegiatan melukismu di luar ruangan, ya.

 

cara jadi kreatif

Seberapa Kreatifkah Kamu? Yuk, Intip Cara Jadi Kreatif

Menu olahan avokad

Yummy! 8 Menu Olahan Avokad ini Menggugah Selera