in

Yuk, Kenali Perbedaan Vektor dan Bitmap

Penasaran kan sama bedanya dua jenis gambar yang berbeda ini. yuk intip apa sih bedanya?

perbedaan vektor dan bitmap
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Kalau kamu perhatikan, mungkin sering banget, ya, melihat gambar ilustrasi, baik itu di buku, gawai, maupun iklan yang banyak beredar. Tipe gambar animasi yang menjadi ilustrasi itu ada dua, lho, yaitu gambar vektor dan bitmap. Kira-kira, apa sih perbedaan vektor dan bitmap?

Sebenarnya, kedua gambar tersebut sama-sama gambar dua dimensi, kok. Vektor dan bitmap umumnya dibuat dengan beberapa aplikasi khusus yang bisa kamu instal di laptop atau komputermu.

Gambar vektor biasanya dibuat dengan berbagai aplikasi seperti Adobe Illustrator, Corel Draw, Inkscape, dan lebih banyak lagi. Gambar tersebut akan disimpan dalam banyak bentuk format seperti svg., jpg., ai., indo., dan eps.

Jika diperhatikan lebih saksama, gambar vektor ini terdiri atas bentuk geometris dengan perhitungan yang matematis. Bagaimana tuh maksudnya? Jadi, gambar vektor ini tidak akan pecah dan blur ketika di-zoom karena tidak dipengaruhi oleh resolusi. Gambar ini akan memiliki ketajaman yang sama, lho, walaupun kamu zoom berkali-kali.

Biasanya, gambar tipe ini digunakan dalam desain ilustrasi, logo, dan ikon dalam suatu periklanan. Ukuran file yang dihasilkan pun akan lebih kecil. Sekali lagi, hal ini karena gambar vektor tidak bergantung pada resolusi.

Jika sudah membuat gambar vektor dengan berbagai aplikasi, kamu pun bisa menggunakan beragam aplikasi pula untuk membuat gambar bitmap. Contoh aplikasi tersebut adalah Adobe Photoshop, Aviary, Corel Photopaint, dan GIMP. Masih banyak lho aplikasi lainnya yang bisa kamu coba.

File gambar bitmap biasanya disimpan dalam bentuk jpg., png., tif., psd., gif., dan bmp. Berbeda dengan vektor yang tidak dipengaruhi resolusi, gambar bitmap sangat dipengaruhi oleh resolusi. Gambar ini sendiri terdiri atas beberapa pixel.

Karena hal tersebut, gambar bitmap akan pecah jika diperbesar atau di-zoom melebihi kualitas gambarnya. Biasanya, gambar tipe ini digunakan dalam fotografi atau gambar yang diperoleh dari foto/kamera.

Ciri lain dari gambar bitmap adalah semakin tinggi resolusi, semakin besar pula ukuran filenya. Jadi, dengan menyimpan gambar berformat bitmap, kamu harus memperhitungkan memori yang kamu punya, ya, agar tidak melebihi kapasitas.

plafon mobil rusak

Sering Parkir di Luar? Hati-hati Plafon Mobil Rusak!

saat berbuka puasa

Jangan Lakukan Kesalahan Ini Saat Berbuka Puasa!