in

Yuk Memperingati Hari Bumi Sama Google Doodle!

Hari bumi diperingati
Foto; Google Doodle

Ngobrolin.id—Hari bumi diperingati tepat pada hari ini. Perayaan ini dilakukan serentak di seluruh dunia. Hari bumi sendiri dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap bumi. Pertama kali, hari bumi dirayakan pada 1970.

Berbagai gerakan sering diperingati pada hari ini. Seperti peringatan tentang sampah dan lingkungan, sampai gerakan merawat bumi seperti menanam pohon dan membersihkan pantai.

Tak hanya dilakukan secara langsung, hari bumi juga banyak dirayakan di dunia maya. Tak terhitung berapa banyak tagar berseliweran di berbagai media sosial. Di instagram, tagar #haribumi2019 sudah digunakan sebanyak lebih dari 3500 kali, tagar #earthday2019 sudah dipakai 25ribu kali. Di twitter, #haribumi menghuni jajaran trending tweet dunia.

Tak hanya media sosial, kali ini perusahaan raksasa Google pun memberikan persembahan kepada bumi dengan membuat google doodle terbaru mereka. Jika kamu membuka google doodle hari ini, kamu akan melihat tombol play pada huruf ketiga. Tulisan google sendiri digambarkan berada di luar angkasa.

Jika kamu tekan, google akan membawamu melihat sesosok burung albatros kelana. Burung ini merupakan spesies dengan rentang sayap terlebar yang masih ada. Burung ini sendiri merupakan salah satu burung laut yang masih bisa dijumpai sampai sekarang.

Kemudian, google akan membawa kita menemui pohon redwood pesisir. Pohon ini merupakan pohon tertinggi yang masih hidup hingga kini. Ia bisa tumbuh hingga keitnggian 105 meter. Ia mampu mencapai usia hingga 3.000 tahun, lho.

Berikutnya, kita akan menemui spesies Paedophryne amauensis. Spesies ini dinobatkan sebai vertebrata terkecil. Ukurannya hanya mencapai 7,7 milimeter. Spesies ini ditemukan di Papua Nugini. Biasanya, ia hidup di tumpukan dedaunan di hutan hujan tropis.

Jika kita masuk lebih dalam, kita akan berjumpa dengan teratai raksasa Amazon. Teratai ini adalah salah satu tanaman air terbesar. Tanaman ini memiliki nama latin Victoria Amazonica dan merupakan bunga nasional negara Guyana.

Berikutnya ada ikan raja laut alias Coelacanth. Ikan ini merupakan ikan berparu-paru yang dipercaya sudah ada sejak jaman tetrapoda. Ikan ini hidup di kedalaman 700 meter di bawah permukaan laut. Indonesia merupakan salah satu negara yang masih punya ikan ini dalam keadaan hidup di perairannya, lho! Ia bertempat tiggal di daerah Laut Sulawesi, tepatnya sektiar Pulai Manado Tua.

Terkahir, kita akan berkenalan dengan ekor pegas alias Collembola. Ia tinggal di gua terdalam yang ada di bumi. Mereka sangat suka dengan lingkungan yang lembap. Dalam bahasa Yunani, colle berarti lem dan embolon berarti piston.

Memperingati hari bumi ternyata bisa semenyenangkan belajar berbagai spesies yang kita mungkin baru sadar,ada di sekitar kita. Tapi, nggak cukup dengan mengenal, kita juga harus menjaga. Masa depan planet yang kita huni ada di tangan kita. Yuk, jaga bumi sama-sama.

cara mengatasi perut buncit

Waspada Perut Buncit, Atasi dengan Cara Ini

inspirasi bisnis ibu rumah tangga

5 Inspirasi Bisnis Ibu Rumah Tangga