in

Yuk, Pakai 4 Benda Ini untuk Mengurangi Plastik Saat Traveling

mengurangi plastik saat traveling
Foto: Shutterstock

Ngobrolin.id — Ketika traveling, tanpa sadar kita menghabiskan banyak plastik, terutama kantung bawaan dan sedotan plastik. Nah, buat mengurangi plastik saat traveling, sebaiknya kamu bawa 4 barang ini.

mengurangi plastik saat traveling
Foto: Shutterstock

Tumbler

Daripada membeli air minum dengan kemasan plastik, lebih baik jika kita menggunakan tumbler. Penggunaan botol yang dapat dipakai berkali-kali ini, tidak hanya mengurangi plastik, tetapi juga menghemat uang karena tidak perlu beli air kemasan berulang kali. Selain itu, botol tumbler sangat mudah ditemukan, baik di toko daring atau toko biasa. Bentuk dan warnanya juga beragam sehingga dapat disesuaikan dengan selera kamu.

Sedotan stainless steel

Sedotan plastik termasuk dalam jenis sampah plastik terbanyak. Kini, beberapa restoran mulai tidak menggunakan sedotan plastik untuk mengurangi jumlahnya. Kita pun bisa menyiasatinya dengan menggunakan sedotan stainless steel yang dapat digunakan berkali-kali dan lebih aman.

Penggunaan sedotan stainless steel sendiri makin dikenal di Indonesia. Sudah banyak toko yang menjualnya dengan harga terjangkau, bahkan dengan alat cuci sedotannya.

Tas belanja

Sejumlah daerah seperti Bali sudah mulai menerapkan larangan penggunaan plastik. Larangan untuk penyediaan dan penggunaan kantong plastik ini sudah diterapkan di toko-toko dan bandara. Mereka menyediakan tas kain bagi wisatawan yang datang dengan menggunakan bungkus plastik.

Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 97 tahun 2018 tersebut bertujuan menekan jumlah sampah plastik di Bali hingga 70 persen.

Membawa wadah sendiri

Ketika membeli makan, kita sering mendapatkan sendok plastik dari pedagang makanan. Oleh karena itu, ada baiknya jika membawa peralatan makan sendiri. Sendok plastik biasanya hanya digunakan sekali dan kemudian dibuang setelahnya. Akibatnya, tentu saja membuat lingkungan kita menjadi tercemar.

kesehatan mental remaja

Dampak Polusi Udara Sebabkan Masalah Kesehatan Mental Remaja, Kok Bisa?

Game mengasah otak

5 Game Mengasah Otak Gratis Terbaik