in

Yuk, Simak Beberapa Tips Menulis di Blog Bagi Pemula

agar tulisanmu banyak yang membaca, terapkan tips ini ya

tips menulis di blog bagi pemula
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Apakah kamu suka menulis di blog? Tim Ngobrolin.id bakal kasih beberapa tips menulis di blog bagi pemula, nih. Ternyata, gampang banget, lho, cara agar tulisan di blog menarik banyak pembaca.

Riset

Pembaca pasti suka tulisan yang datanya akurat. Keakuratan data ini bisa kamu dapatkan dengan riset. Risetnya nggak perlu sampai penelitian langsung, kok. Kamu bisa mencari data yang benar-benar tepat untuk tulisan yang sedang kamu buat.

Selain faktual, pembaca juga senang dengan tulisan yang aktual. Oleh karena itu, agar tulisanmu mengundang banyak pembaca, angkatlah topik yang sedang hangat dibicarakan.

Ups, jangan clickbait, ya!

Meskipun terkesan menarik banyak massa sekaligus, ternyata penggunaan clickbait malah bisa menunjukkan bahwa kualitas tulisanmu buruk, lho. Memang, cara ini ampuh untuk mengundang pembaca datang. Tapi, blog milikmu akan dilabeli sebagai blog abal-abal yang hanya memancing pembaca tanpa mencari informasi yang dibutuhkan.

Pelajari google analytics

Penggunaan google analytics juga bisa kamu gunakan untuk melihat pengunjung yang datang ke blog milikmu. Selain itu, kamu juga bisa mencari tahu tema yang pembaca kamu suka. Apakah tema tips dan trik, tema tentang traveling, atau kuliner.

Google analytics juga bisa kamu gunakan untuk mencari tahu wilayah potensial yang menjadi target pembacamu. Wilayah ini akan muncul dalam bentuk negara. Dengan demikian, kamu bisa mengambil langkah yang lebih tepat untuk menulis tentang tema tulisan berikutnya. Sekali lagi, jangan malas untuk riset.

Pelajari SEO

Search engine optimization dikenal juga dengan sebutan SEO. Apa sih sebenarnya SEO itu? Secara sederhana, SEO adalah cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan konten milikmu dalam pencarian di mesin pencari.

Dengan mempelajari SEO, kamu juga bisa menempatkan artikelmu di halaman pertama mesin pencari. Bahkan, kamu bisa menempatkannya dalam urutan atas, lho. Tentu saja pengunjungmu pun akan bertambah kalau kamu lakukan ini.

Gunakan ilustrasi

Penggunaan ilustrasi ini sepele tapi masih sering dilupakan. Ilustrasi akan memudahkan pembaca memahami tulisanmu. Dengan begitu, pembaca pun betah membaca tulisan yang kamu buat. Kamu bisa pakai gambar, video, atau lainnya.

Cek lagi tulisanmu

Tak kalah mendasar adalah struktur tulisan. Penting banget, lho, buat cek ulang tulisan yang sudah kamu buat sebelum dipublikasikan. Struktur tulisan yang lebih mudah dibaca tentu bikin pembaca betah. Cara mengeceknya adalah pastikan tulisan yang kamu buat punya pembuka, isi, dan penutup.

Penting juga untuk mengecek ejaan di tulisan yang kamu buat, lho. Pasti kesel, kan, kalau baca tulisan yang banyak salah ketiknya?

Nah, coba terapkan cara-cara tersebut, ya, biar tulisan yang kamu buat di blog makin banyak pembacanya!

Nyeri punggung bawah

Hati-hati! Nyeri Punggung Bawah Bisa Picu Munculnya Depresi Lho

game bertema ninja

Beragam Game Ninja Ini Bisa Tanpa Terkoneksi Internet