in ,

Yuk, Tinggalkan Kebiasaan Mengorek Kuping dengan Cotton Bud

Jangan dibiasakan lagi ya!

cotton bud
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Hayo… siapa yang masih suka membersihkan kuping dengan menggunakan cotton bud? Kalau kamu masih melakukan hal tersebut, sebaiknya mulai dari sekarang dikurangi kebiasaan tersebut hingga kamu benar-benar bisa lepas dari penggunaan cotton bud, apalagi yang dilengkapi dengan kapas berukuran besar.

Mungkin sebagian orang berpikiran kalau gak dibersihkan dengan cotton bud telinga bakalan kotor. Belum lagi rasa gatal yang terkadang mengganggu sehingga menyebabkan seseorang harus menggaruk-garuk telinganya.

Namun, sebenarnya kamu tidak perlu membersihkan kotoran tersebut yang masih berada di dalam saluran telinga. Kotoran yang dihasilkan di dalam telinga dapat keluar dengan sendirinya sehingga saluran telinga tidak perlu dibersihkan terlalu sering. Dan kotoran tersebut dapat menghilang jika kamu rajin mandi. Jadi, kotoran tersebut akan bersih bersamaan dengan aktivitas mandi.

Membersihkan telinga dengan cotton bud telah dinilai cukup bahaya. Sekilas memang terlihat dapat membersihkan bagian telinga. Terlebih, ketika kamu mendapati kapas cotton bud berwarna kuning kecokelatan, pasti kamu bakalan lebih senang karena merasa telinga sudah bersih.

Padahal, cotton bud tersebut dapat meninggalkan residu kapas di dalam telinga. Selain itu, juga bisa mendorong kotoran telinga semakin dalam. Akibatnya, kotoran telinga malah berada di tempat yang tidak seharusnya. Padahal, sebentar lagi bakalan keluar dari lubang telinga.

Hal serupa juga berlaku untuk ear candle dan alat pembersih kuping lainnya karena alat-alat tersebut juga dapat menyebabkan telinga infeksi.

Sebenarnya, kotoran kuping berfungsi menjaga kesehatan telinga, seperti mencegah kotoran, bakteri, ataupun benda-benda asing lainnya masuk ke telinga, mencegah infeksi, menjaga kelembapan saluran telinga, dan melindungi gendang telinga.

Selain kotoran telinga dapat keluar dengan sendirinya, kamu dapat berkunjung ke dokter THT untuk membersihkan telinga atau berkonsultasi terkait kesehatan telinga kamu.

Sebenarnya, kamu tetap bisa menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga, tetapi hanya telinga bagian luar. Biasanya, di bagian tersebut kerap menumpuk debu-debu yang tidak bisa bersih dengan sendirinya.

gorengan

Sederet Alasan Kamu Perlu Mengurangi Gorengan Saat Berbuka Puasa

hadiah pernikahan untuk sahabat

Tips Antibingung Memilih Hadiah Pernikahan untuk Sahabat