in ,

Yuk, Wisata ke Museum-museum di Jakarta

museum di Jakarta
Foto: instagram museum nasional Indonesia

Ngobrolin.id — Di balik gemerlapnya ibukota, ternyata Jakarta masih menyimpan banyak sejarah masa lalunya. Ada banyak museum di Jakarta yang masih eksis hingga kini. Hampir seluruhnya merupakan destinasi wisata sejarah yang bisa kamu datengin. Beberapa museum di Jakarta bahkan punya akses yang gampang banget dijangkau.

Museum Sejarah Jakarta

Museum ini dikenal juga dengan sebutan Museum Fatahillah. Bangunan museum ini memiliki gaya arsitektur neoklasik. Terletak di Jalan Taman Fatahillah, museum ini dibangun oleh insinyur Belanda bernama WJ van de Velde dan J Kremer pada 1707.

Dahulu, bangunan museum merupakan Balai Kota Batavia. Oleh karenanya, bangunan ini dibuat mirip dengan istana di Amsterdam. Sejak 2001, museum ini menyelenggarakan seminar hingga skala internasional.

Di sini, kamu bisa melakukan banyak hal. Kamu bisa wisata ke Kampung Tua, jelajah malam sekitar museum, nonton bareng film-film jadul yang merupakan koleksi museum, dan lainnya.

Museum ini dekat dengan stasiun kereta api Jakarta Kota. Hanya dengan berjalan kaki, kamu bisa sampai museum ini dengan mudah.

Museum MACAN

Eits, jangan salah paham dulu. Macan yang dimaksud merupakan akronim dari Modern and Contemporary Art in Nusantara). Kamu bisa pesan tiket secara online lho untuk masuk ke lokasi ini. Cukup kunjungi www.museummacan.org kamu bisa membeli tiket masuk seharga sembilan puluh ribu untuk pelajar dan senior (di atas 65 tahun) atau seratus ribu untuk umum.

Di museum ini, kamu bias melihat koleksi seni modern dari berbagai seniman. Mulai dari lukisan sampai seni instalasi, kamu nggak bakal bosen deh. Apalagi beberapa spot bisa kamu abadikan dengan kamera dan pastinya instagramable banget.

Museum Nasional Indonesia

Museum ini terletak di Gambir, Jakarta Pusat. Tak tanggung-tanggung, museum ini merupakan museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara, lho! Punya julukan lain, yaitu museum Gajah, koleksi di lokasi ini sangat banyak. Beberapa di antaranya arca, prasasti, berbagai kerajinan, keramik, dan relik sejarah lainnya.

Museum Wayang

Museum ini berlokasi di Jakarta Barat, tepatnya di Jalan Pintu Besar Utara. Gedung yang unik di museum ini sudah berkali-kali mengalami perombakan, lho. Awalnya, bangunan ini adalah gereja lama Belanda yang dibangun pada 1640.

Pada 1808, gempa bumi dahsyat menghancurkan bangunan gereja. Di bekas reruntuhan bangunan inilah dibangun museum wayang pada 1975.

Tanggal 7 November 2003, PBB mengakui wayang Indonesia sebagai warisan dunia. Duh, makin bangga ya sama Indonesia. Apalagi dengan berkunjung ke sini, kamu bisa melihat lebih dari 4.000 koleksi. Mulai dari wayang kulit, wayang golek, wayang kardus, wayang rumput, hingga wayang janur. Tak hanya dari Indonesia, koleksi museum ini juga berasal dari Cina, Kamboja, hingga Eropa.

transportasi tradisional

Ini Empat Transportasi Tradisional yang Masih Pakai Tenaga Kuda

kopi bisa menggambarkan kepribadian

Cari Tahu Kepribadianmu Jika Digambarkan dalam Secangkir Kopi